Fresh Start

Alhamdulillah mulai bulan desember 2013 saya udah kerja di PT. Rekayasa Industri (REKIND) salah satu perusahaan EPC local Indonesia yang banyak nanganin proyek petrokimia, geothermal, powerplant, dan oil&gas. Dapet kesempatan buat belajar jadi instrument engineer disini.

Jadi sejak selesai sidang bulan agustus saya udah mulai banyak daftar beberapa perusahaan dan Alhamdulillah kecantol disini, pertama cerita proses rekruitmennya REKIND dulu ya, siapa tau ada yang minat juga :

  1. Jadi pas lagi nganggur di kos iseng-iseng buka karir.itb.ac.id ada lowongan buat fresh instrument engineer di rekind, langsung deh lempar CV ke email yang ditulis disitu, lupa emailnya apa udah lama bgt sih haha
  2. Hampir hopeless karena udah 2 bulan ga dipanggil akhirnya ditelpon juga sekitar awal november 2013 buat ikut proses assessment di ITB (pas bgt waktu itu mau ke bandung soalnya ada titian karir ITB (semacem jobfairnya anak itb). )
  3. Oke akhirnya cabut ke bandung bareng anak2 ELINS 09 yang waktu itu udah pada sidang dan lulus juga (hafizh, sigit, nindo, anung) sambil nyoba2 daftar di perusahaan lain pas jobfair.
  4. Proses assessmentnya ga ribet jadi dibikin sehari full jadi ada psikotes, technical test, studi kasus, sama interview psikolog. Saya jelasin satu-satu ya:
    • Psikotes : psikotesnya standar kaya perusahaan2 lain jadi ada tes yang angka, pola, hitung2, hubungan kata dll lupa udah agak lama soalnya haha sama ada tes wartegg juga, yang disuruh buat ngelengkapin 9 kotak yang ada pola garis sedikitnya terus dibikin jadi gambar sesuai imajinasi kita, tiap gambar dikasi judul sama kita disuruh nentuin gambar yang jadi favorit kita, sama ngasih keterangan gambar dari yang paling susah dibikin sampe yang paling gampang.
    • Technical Test: ini soal yang paling susah menurut saya (karena udah hampir lupa semua hahaha), jadi technical test ini berupa soal2 esai sesuai bidang yang didaftar (saya instrument engineer jadi dapet soal instrument), untuk electrical eng, piping eng, mechanical eng, process eng, civil, procurement, project control, dll bakal dpt soal sesuai bidangnya. Sebenernya agak kaget karena kirain bakal pilihan ganda, tp ya modal nekat aja jawab esainya. Soal instrumentnya kebanyakan konseptual aja kaya bikin diagram arsitektur scada, perbedaan DCS dan PLC, pengertian error, hysterysis dll(measurement system gitu), jenis2 field device, pengukuran flow, pressure, level, dll.
    • Studi Kasus: di bagian ini kita disuruh nyelesain suatu masalah efisiensi produksi di suatu pabrik, soalnya lupa agak panjang sih, jadi nanti dikasih data-data tentang produksi pabrik itu mulai dari kebijakan untuk pekerja, pembagian divisi, sistem otomatis/manual, jumlah tenaga ahli, dll. Dan kita disuruh menganalisis dan menjelaskan bagian mana yang bisa diubah dan diperbaiki dan seperti apa solusi kita. Waktunya agak singkat jadi jangan kelamaan mikir, langsung ditulis aja ide yang ada di kepala.
    • Yang terakhir, wawancara psikolog: disini intronya bakal ditanya soal studi kasus sebelumnya, jadi ditanya data apa yang menurut kamu kurang? Sama ngejelasin dikit tentang solusi kita dan output yang diharapkan dari solusi tersebut. Sisanya bakal ditanyain tentang kepribadian, pengalaman, pandangan kita terhadap suatu permasalah, kayak β€œgimana seorang pemimpin yang baik menurut kamu?” pokoknya standar lah. Banyakin cerita tentang pengalaman selama kuliah aja, kita udah pernah ngapain aja, organisasi yang pernah diikuti, dll.
  5. Akhirnya abis seharian assessment yang melelahkan itu (tapi lumayan dapet snack pagi sama makan siang buat ganjel perut) kata psikolognya bakal di hubungi 2 minggu lagi kalo diterima, kalo nggak ya siap-siap di php in nunggu ampe bejamur -_- (ini yang saya gasuka dr banyak perusahaan sebagian besar ga ngehubungin kalo kita ga lolos).
  6. Udah pasrah karena hampir sebulan belom dipanggil juga, tapi ahirnya dapet juga telpon yang ngasi tau saya lolos dan diundang buat interview user di kantor REKIND (Jl. Kalibata Timur deket taman makam pahlawan). Tips saya jgn cepet nyerah kalo emg ga dipanggil sampe tenggat waktu yg dikasi perusahaan karena kadang-kadang mereka emang ngaret juga meriksa hasil assessment kita.
  7. Interview usernya nyantai, sebagian besar teknis sih yang ditanyain, kaya ngejelasin kerja praktek dimana dan apa yang dikerjakan, ngejelasin tugas akhir, terus kenapa mereka harus mempekerjakan kita, saya juga disuruh ngejelasin apa usaha saya untuk menjadi instrument engineer yang baik. Saran saya jangan jiper, jawab aja sebisa kita, karena pas jawab pertanyaan saya juga banyak disanggah sama beliau (Pak Irwin Irnandi/Manager Dep. Instrument) karena emang salah. Haha
  8. Abis itu dijanjiin bakal diumumin 2 minggu lagi dan Alhamdulilah lolos cooy. Terus disuruh ttd kontrak deh tanggal 9 Desember 2013 dan langsung mulai kerja tanggal 16 Desember 2013.

Setelah mulai kerja di REKIND saya langsung disuruh ikut bantuin project FSRF Lampung (client nya PGN), karena fase engineering proyek ini selesai saya diinstruksikan manager saya buat langsung ke site di Labuhan Maringgai, Lampung. Jadi 2 minggu saya abisin buat ikut HSE Passport Training (syarat biar bisa ke site) dan belajar-belajar dari dokumen-dokumen (P&ID, standard drawing, spec,dll) abis itu langsung berangkat mobilisasi ke site.

controlroom
di instrument control room
blog2
indirect fired water bath heater

Ga terasa udah 7 bulan saya di Labuhan Maringgai, dan sekarang project ini udah mau masuk fase commissioning. Disini jadwal kerjanya 7 minggu on 1 minggu off, jadi saya kerja full 7 minggu abis itu dapet jatah cuti 7 hari kerja. Alhamdulillah udah banyak belajar disini mulai dari gimana installasi field device di lapangan, ngelakuin logic test, loop check, belajar make CentumVP (nyolong ilmu dari vendor Yokogawa), belajar Metering System Ultrasonic, bikin as built drawing, sama bakal belajar juga proses commissioning dan start up plant.

Semoga REKIND jadi awal karir yang bagus buat saya. amiin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s