Bismillah

“Do not get it perfect, get it done.” – Prof. Jazi Eko

Quote diatas adalah prinsip nomor 1 dalam penulisan skripsi S1 kata profesor di jurusan gw, tapi ternyata buat get it done ga semudah yang gw bayangin, ya, bagian tersulit dari ngerjain skripsi adalah buat memulainya. Bakal ngerasain banget kalo udah ngejalanin sendiri.

Di kampus gw tahapan sebelum lo bisa ngerjain skripsi adalah bikin proposal, dan kemudian setelah di acc oleh dosen pembimbing skripsi proposal lo bakal di seminarin dan direview oleh beberapa dosen reviewer. Yap, dan diawal semester 8 ini gw langsung ngebut ngerjain proposal dan akhirnya selesai dalam 2 minggu dan hokinya dengan perbaikan cukup sedikit dari dosen pembimbing :D, kemudian beberapa minggu setelahnya alhamdulillah semprop pun bs dilewatin dengan lancar dan dengan sedikit revisi.

Seinget gw pokoknya setelah itu gw beresin revisi sekitar 2 minggu, dan kayanya sekitar pertangahan maret proposal gw udah disetujuin reviewer dan dosen pembimbing terus gw tumpuk deh di sekre jurusan. Yang artinya gw udah bisa dan harus mulai menyusun skripsi dan ngerjain penelitiannya.

Ya, awal yang lancar. Tapi kenyataannya sekarang udah tanggal 24 April dan progess gw masih kaya model rambutnya javier zanetti, gitu-gitu aja. ini mungkin yang dinamain after semprop syndrome, kalo kata senior gw, mas hujja, biasanya mahasiswa tuh males2an dan merasa urusan udah selesai abis seminar proposal, dan kayanya itu yang terjadi di gw….

meme skripsi

Well, akhirnya gw sadar. kapan mau selesai kalo gak mulai-mulai? kapan mau sukses kalo ga usaha?
Gimana gak sadar, tiap ditelepon bokap pasti ditanyain skripsi mulu hahaha.
Gw mulai ninggalin main RO dan nonton serial TV (GoT, TBBT, dll) yang selama ini menjadi penggoda iman gw buat ngerjain skripsi. Semoga post blog gw berikutnya adalah pas gw wisuda. Amiiin.

Bismillah.

Leave a Reply

